Computer Vision Syndrome

Computer Vision Syndrome, Sindrom Bagi Pengguna Laptop / Smartphone

Diposting pada

Komputer sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kini semua orang menggunakan laptop hampir dalam semua aktivitas, baik dalam pekerjaan, mendapatkan berita dan juga komunikasi media sosial.

Apalagi bagi para content creator baik berupa tulisan maupun dalam bentuk video, yah kepentingan pokok.

Mungkin kamu sudah pada tahu kalau terlalu lama melihat cahaya laptop atau smartphone dapat memicu permasalahan di mata, tapi hal ini masih dianggap sepele oleh se bahagian orang, bahkan saya sendiri hanya berfikir palingan matanya jadi kabur. Namun ternyata keluhan mata ini dapat menjadi permasalahan serius.

Permasalahan pada keluhan mata yang serius ini disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). Kamu tahu tidak dengan syndrome ini?, mungkin saja bisa jadi kamu adalah satu dari pengidap penyakit ini, akan jadi berbahaya jika tidak di tanggapin dari pertama. Untuk itu dari pada tambah penasaran, mari simak ulasan berikut!

Computer Vision Syndrome (CVS) ialah kondisi keluhan mata merah, kering, terasa pegal dan bahkan juga bisa terasa perih. Pada sebahagian orang kondisi ini bahkan dapat memicu efek tegang di sekitar lingkaran mata & migrain di lokasi yang sama.

Efek dari keluhan mata tersebut oleh beberapa pakar dikenal dengan istilah Computer Vision Syndrome. Penyebab dari syndrome ini dikarenakan pengaruh paparan sinar biru yang muncul di laptop atau pun smartphone.

Efek dari sinar biru tersebut memberikan tekanan yang tidak kamu sadari, tekanan ini berfokus pada retina dan sistem saraf serta otot mata. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi perih, kering dan kaku.

Tips Mengatasi Computer Vision Syndrome

Bagi kamu yang mungkin mengalami beberapa gejala seperti yang dijelaskan di atas, saya memiliki beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya, mudah-mudahan dapat membantu mengurangi keluhan tersebut. mari simak!

1. Sesuaikan Cahaya Ruangan

Menggunakan perangkat seperti laptop dengan cahaya ruangan yang gelap dapat memicu efek radiasi cahaya biru semakin besar.

2. Perhatikan Durasi Kamu Saat Menggunakan Laptop

Pakar kesehatan mata sepakat, dalam menggunakan perangkat berlayar dekat seperti ponsel, laptop atau komputer, maka dalam durasi 20 menit alihkan pandangan kamu ke arah yang jauh setidaknya 20 detik. Hal ini efektif mengurangi munculnya CVS hingga 20%.

3. Sering kan Untuk Berkedip

Se bahagian orang saat mulai terlalu serius dalam menggunakan laptop maka akan mengurangi mengedipkan mata, padahal ini sangat besar pengaruhnya dalam memicu CVS. Setiap kali kamu berkedip maka air mata akan membasahi mata, sehingga keluhan mata kering akan hilang dan juga membantu menjaga kondisi otot mata.

4. Gunakan Display yang Nyaman

Agar mata kamu lebih rileks, maka atur cahaya display perangkat monitor selaras dengan cahaya ruangan. Tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu kusam atau redup.

5. Gunakan Kacamata Khusus Komputer

Kacamata ini sangat membantu dalam menggunakan perangkat seperti laptop atau smarthphone. Kacamata ini dirancang khusus dengan lensa yang membantu menyaring masuknya cahaya biru ke mata.

Gambar Gravatar
Saya selaku admin situs Ayakado dengan slogan yaitu “Mengulas Berita dan Informasi Untuk Pemuda Millennial”. Saat ini saya lebih condong membahas tentang hiburan, diantaranya ada Anime, Movie, Manga, Game, Dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *